Selasa, 26 Mei 2009

TEH 'INCIP' DARI CIPETUNG PAGUYANGAN


Teh "Incip" Masih Produksi Secara Tradisional
Ditulis oleh Administrator
Tuesday, 26 May 2009
PAGUYANGAN - Desa Cipetung Kecamatan Paguyangan memiliki potensi perkebunan teh milik warga yang selama ini mampu diandalkan sebagai potensi unggulan di sektor partanian, selain hasil bumi lain dari jenis sayuran sebagai komoditas utama yag dihasilkan oleh beberapa des di Kecamatan Paguyangan khususnya yang berada di lereng gunuung Slamet.

Berbeda dengan daun teh yang diproduksi PT Perkebunan Nusantara IX Kaligua, teh yang dihasilkan dari perkebunan warga masyarakat Desa Cipetung ini dipoduksi secara tradisional. Sehingga baik rasa maupun aroma yang dihasilkan benar-benar original tanpa sentuhan bahan campuran lain seperti melati yang lazim digunakan. "Warga menamakan daun teh yang dihasilkan dengan sebutan teh incip, seluruh tahapan produksi dilakukan secara tradisional. Mulai dari pemetikan, memasak hingga kemasannya pun masih seadanya. Bahkan wajan sebagai alat untuk memasak masih terbuat dari tanah," kata Sutrisno, Kades Cipetung.

Di desanya terdapat 12 hektar perkebunan teh milik warga yang tergabung dalam kelompok tani Sugih Makmur. Dari 1 hektar lahan perkebunan mampu menghasilkan 500 kilogram teh basah dengan masa panen selama 15 hari sekali. "Secara keseluruhan terdapat 200 petani yang menggeluti usaha perkebunan teh incip ini, sementara rumah industri pengolahan terdapat 25 unit. Dalam pemasarannya, teh incip biasa langsung dikirim kepada para penjual di luar Kecamatan Paguyangan dengan harga Rp 1000 per ons," kata Sutrisno.

Perkebunan rakyat teh incip desa Cipetung menurut dia, selama ini belum dapat melakukan pengembangan usaha utamanya dalam sektor pengembangan pemasaran. Karenanya dia berharap para petani dapat diberikan pembinaan dari dinas terkait, mengenai upaya pengembangan usaha dan juga peningkatan kualitas hasil produksi. (pri)

3 komentar:

  1. ada no telp yang bisa saya hubungi pak ? sy pengin bisnis teh incip ini...terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya juga punya stok teh incip asal bandung gan? rasanya lebih sepat dan segar, siapa tau agan berminat memasarkan

      Hapus
  2. Ini ada nomor hp salah satu pamong di desa cipetung 085700053608 (Pak Bambang)

    BalasHapus