Minggu, 15 Agustus 2010

KABAR DARI BENDA SIRAMPOG BREBES

SUARA MERDEKA -Lintas Pantura
11 Agustus 2010

1.400 Santri Al-Hikmah 2 Khataman Alquran

BREBES - Sebanyak 1.400 santri putra-putri Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Benda, Sirampog, Brebes, kemarin, mengikuti khataman Alquran bin-nadzor secara massal. Sepuluh di antaranya hafal di luar kepala (bilghaib).

Upacara khataman digelar dalam upacara pengajian umum di halaman pondok. Mereka satu per satu menerima syahadah khataman dari pengasuh pondok KH Izzuddin Masruri Al-Hafidz disaksikan ribuan warga yang duduk lesehan di halaman pesantren.

Saat pengasuh pondok Kiai Izzuddin membaca dia khataman, para santri dan umat tak kuasa menahan air mata. "Allahummarhamni bilquran, waj’alhu li imamaw wanuura wahuda warahmah. Allahumma dzakkirni minhuma nasyiitu w’allimni minhuma jahiltu warzuqni tilawatahu".
Berhati-hati Mantan Menteri Agama Prof Dr KH Sayid Agil Al-Munawar Al-Hafidz MA dalam tausiyahnya meminta umat Islam berhati-hati dengan munculnya pernyataan yang tidak mendasar agar Alquran direaktualisasi. "Alquran itu sebagai mukjizat tetap aktual sepanjang massa. Karena itu tidak perlu direaktualisasi," tegasnya.

Yang bisa direaktualisasi sesuai perkembangan zaman, menurut dia, adalah tafsir atau penafsiran Alquran. "Kalau tafsir silakan mengikuti konteks perkembangan zaman. Akan tetapi, Alquran akan tetap aktual," tegasnya.

Pengasuh pondok KH Masruri Mughni yang hadir di tempat itu menjelaskan, sebelum para santri mengaji dan mendalami berbagai kitab salaf, mereka diwajibkan mengaji Alquran secara baik dan benar. (B13-58)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblaunche

Tidak ada komentar:

Posting Komentar