Selasa, 27 Oktober 2009

JEMBATAN KALIBOGO LANGKAP BUMIAYU TAK LAIK


Jembatan Kalibogo Tak Laik

RADAR TEGAL Ditulis oleh Administrator
Monday, 26 October 2009

BUMIAYU - Jembatan gantung Kalibogo sepanjang 50 meter dengan lebar satu meter yang berada di Desa Langkap Kecamatan Bumiayu kondisinya sangat mengkhawatirkan. Salah satu tiang penyangganya yang roboh belum juga diganti.

Akibatnya, pelajar dan warga saat melewatinya bergoyang. Ini tentu sangat membahayakan terutama saat turun hujan bahkan saat ini jembatan itu tidak dapat dilalui oleh sepeda motor. Selain sebagai jalur utama pedukuhan kepusat pemerintahan desa, jembatan tersebut merupakan penghubung Desa Langkap menuju Desa Kalierang. Djasman (48), warga Desa Langkap, mengatakan, keberadaan jembatan gantung sangat dirasakan manfaatnya oleh warga.

"Anak-anak sekolah SD dan SMP tiap hari memanfaatkan jembatan ini untuk menuju kesekolah mereka. Sehingga jika Jembatan Gantung Kalibogo ini sampai putus, warga khususnya yang tinggal di Dukuh Krajan akan kesulitan untuk bisa mencapai pusat pemerintahan desa," kata Djasman.

Lebih Jauh Djasman menguraikan, jika jembatan gantung benar-benar putus, warga terpaksa harus memutar dengan jarak lebih dari tiga kilometer. Kondisi tersebut sangat berbeda jika melalui jembatan yang hanya berja sekitar 300 meter. Terpisah Kades Langkap, Taryono, membenarkan, robohnya tiang penyangga Jembatan Gantung Kalibogo tersebut. Menurutnya, tiang penyangga roboh saat terjadi hujan deras yang mengakibatkan arus sungai yang banjir.

Pembangunan Jembatan Kalibogo sendiri dilaksanakan desa yang selesai pada tahun 1998. Sejak didirikan sampai saat ini, belum pernah mendapat perbaikan. "Mungkin pondasi yag rubuh sudah terlalu tua dan tidak mendapat perawatan, sehingga saat diterjang banjir pilar utama jembatan tersebut roboh," Jelasnya. Taryono tidak memungkiri, jika jembatan tersebut sampai rusak dan putus maka sekitar 120 kepala keluarga (KK) yang tinggal di Dukuh Krajan dan juga anak-anak sekolah akan kesulitan. (pri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar