Minggu, 13 Desember 2009

PERLU JALAN LINGKAR BARAT GUNA ATASI KESEMRAWUTAN BUMIAYU


Perlu Jalan Lingkar Barat Guna Atasi Kesemrawutan Bumiayu


OKEZONE.COM Minggu, 18 Mei 2008 - 18:24 wib



BREBES - Kota Bumiayu kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang merupakan kota dagang di wilayah selatan dilihat dari perkembangannya ke depan, seyogyanya diarahkan ke bagian barat dengan membangun jalan lingkar barat. Hal ini dikandung maksud supaya keramaian Bumiayu terbagi sehingga sedikit dapat mengatasi kesemrawutan kota di Brebes bagian selatan itu

Bumiayu yang merupakan kota sentra dagang dimana banyak para pedagang dari tiga kabupaten Brebes Banyumas dan Cilacap,yang memanfaatkan pasar bumiayu ,sangat mendesak untuk dikembangkan
Disisi lain dengan adanya pembanganan kota secara otomatis akan menaikan harga tanah sehingga masyarakat akan di utungkan" jelas H. Achmad Ghojali salah satu tokoh di Brebes sewaktu ditanya tentang adanya gagasan jalan lingkar Barat melalui Jalur Laren- Jatisawit- Taraban.

Hal sama diungkapkan Kepala Desa Jatisawit Syakib Syahrudin bahwa gagasan pembangunan Jalan Lingkar Barat Bumiayu melalui jalur Laren - Jatisawit - Taraban sepanjang 6 kilometer, layak untuk ditindaklanjuti oleh Pemkab Brebes.

Jika direalisasikan, jalan tersebut bisa menjadi jalur alternatif bagi warga Kecamatan Bantarkawung dan Kecamatan Salem juga Majenang Cilacap "Mereka yang akan menuju Purwokerto bisa melalui jalur itu sehingga mengurangi kepadatan di ruas kota kecamatan Bumiayu," ujar Syakib.

Menurut Syakib, gagasan membangun jalur alternatif itu mendapat dukungan dari pemerintah Desa Laren (Kecamatan Bumiayu) dan pemerintah Desa Taraban (Kecamatan Paguyangan). Guna merealisasikan gagasan itu, pemkab tinggal melakukan pembenahan-pembenahan yang meliputi pengaspalan jalan dan pembuatan drainase jalan.

Beberapa titik jalan yang perlu mendapatkan pembenahan diantaranya pada jalur Taraban - Gardu PLN dan Jatisawit - Taraban kecamatan Paguyangan. "Kelengkapan badan jalan sudah ada , tinggal dilakukan perbaikan," katanya

Lebih jauh dia menjelaskan, gagasan pembangunan jalan lingkar barat sudah diusulkan melalui Musrenbang(musyawarah rencana pembangunan). Dan untuk merealisasikan pembangunan jalan lingkar barat tidak perlu membebaskan lahan warga. Karena lebar jalan yang ada sudah cukup memadai, yakni 3 meter. " Kami bersama pemerintah desa Taraban dan Laren sepakat mengusulkan jalan tersebut untuk menjadi jalur lingkar barat," pungkas Syakib(boy).

Boypurwo
Jalan Raya Paguyangan No 59 Paguyangan Brebes
Bumiayu Brebes
Telp 08172821182 (//mbs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar