Minggu, 14 Februari 2010

KABAR BANTARKAWUNG : JALAN RUSAK, DESA NYARIS TERISOLIR


Jalan Rusak, Desa Nyaris Terisolir

Ditulis oleh Administrator

RADAR TEGAL - Sunday, 14 February 2010

BANTARKAWUNG - Kerusakan ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, dengan Desa Cinanas, Kecamatan Bantarkawung, sepanjang lebih kurang 7 km hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan segera mendapat perbaikan.

Kondisi tersebut menjadi pemikiran serius pihak pemerintahan desa menyusul banyaknya keluhan warga terkait kerusakan jalan, yang merupakan satu-satunya akses utama warga dalam beraktivitas.

Kepala Desa (Kades) Cinanas Drs Toat Riyono saat dikonfirmasi Sabtu (13/2) mengakui, warganya sudah sangat kesal atas kondisi kerusakan jalan yang semakin parah dari waktu ke waktu. Dikatakannya, kerusakan jalan tersebut sudah terjadi sejak lama.

’’Warga di sini seakan terisolasi dengan kondisi jalan yang rusak. Kerusakan jalan juga berimbas pada terhambatnya pertumbuhan ekonomi warga. Para petani yang membawa hasil panen untuk dijual ke pasar sering kali jatuh di lokasi jalan yang rusak," jelasnya.

Karenanya, sebagai bentuk kekesalan warga, kerap kali pihaknya dianggap tidak serius dalam memimpin pemerintahan desa.

’’Kami sudah sering mendapat komplain dari warga, mengingat selama ini dalam memenuhi kewajibannya mereka selalu taat membayar pajak. Karenanya, mereka juga meminta timbal balik melalui pemeratan pembangunan," kata Toat.

Selain hampir rata-rata aspal jalan terkelupas, di beberapa ruas jalan sama sekali tidak beraspal. Kerusakan jalan sudah terlihat semenjak wilayah Dukuh Tegal Munding, Desa Pruwatan, hingga wilayah Desa Cinanas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap.

’’Yang kita kasihan itu adalah anak-anak sekolah. Mereka harus berjalan di jalan yang rusak itu. Di Desa Cinanas sendiri saat ini baru berdiri 1 sekolah dasar (SD), sedangkan bagi siswa SMP atau SMA mereka setiap hari harus melalui jalan itu untuk menuju sekolahnya di Desa Pruwatan atau Bumiayu," jelas Toat.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintahan Desa Cinanas untuk dapat mewujudkan keinginan warga memiliki akses jalan yang dalam kondisi baik. Namun hingga saat ini keinginan tersebut belum terlihat tanda-tanda akan tercapai. ’’Untuk itu, kita minta kepada pemerintah agar segera merealisasikan perbaikan jalan tersebut, sehingga kondisi ini bisa cepat teratasi dan akses ke daerah itu dapat segera normal kembali," kata dia lagi. (pri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar