Minggu, 24 Januari 2010

BAGAIMANA CARA BAHAGIAKAN ORANG TUA ?





SUARA MERDEKA


Ustad Menjawab
Bagaimana Cara Membahagiakan Orang Tua?

Pertanyaan:

ASSALAMU’ALAIKUM Wr Wb, Pak Ustadz, gimana cara membahagiakan orang tua, sedangkan kita belum punya sesuatu untuk membahagiakannya?

Jawaban:

Dengan penuh cinta dan kasih sayang, kedua orang tua merawat dan membesarkan anak-anaknya. Mereka berusaha dan bekerja sekuat tenaga, agar anak-anaknya hidup bahagia. Apapun akan dilakukan untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Panas dan hujan, bahkan badai pun diterjang demi kebahagiaan anak permata hatinya, tanpa mengharapkan pamrih apapun.
Itulah orang tua. Orang yang paling berjasa dalam kehidupan manusia. Tidak dapat dibayangkan jika Allah SWT tidak memberikan rasa kasih sayang di dada orang tua, mungkin kehidupan manusia ini akan sangat menderita. Karena itulah agama memerintahkan untuk menghormati kedua orang tua, bahkan menempatkannya setelah perintah untuk tidak menyekutukan Allah SWT.

Allah SWT berfirman, ’’Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang tua ibu-bapak,’’ (QS Al-Nisa’: 36).

Alquran membersamakan perintah untuk menyembah Allah SWT dan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua. Terlihat jelas kewajiban menghormati dan patuh kepada kedua orang tua menempati kedudukan yang sangat tinggi, melebihi yang lainnya selain kewajiban beriman dan menyembah Allah SWT (Tafsir as-Showi, juz I, hal 290). Terutama ibu yang telah membesarkan anak-anaknya dengan penuh kepayahan dan kesusahan.

Allah SWT berfirman, ’’Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya. Ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula),’’ (QS Al-Ahqaf: 15)

Lalu bagaimana cara membahagiakannya? Terkadang kita berpikir bagaimana cara kita dapat membalas jasa kebaikan yang telah diberikan kedua orang tua kita, karena mereka telah membesarkan kita dan selalu menjaga kita, serta selalu memberikan yang terbaik untuk kita. Sementara itu kita merasa belum memiliki sesuatu yang dapat diberikan kepada mereka.

Pengorbanan Kecil

Mungkin beberapa hal ini bisa kita lakukan, sebuah pengorbanan kecil menurut Asy-Syaikh Muhammad Jamil Zainu yang dapat kita berikan namun dapat membuat orang tua kita bahagia, minimal kita dapat memulainya dari sekarang.

1. Berbicaralah kepada kedua orang tua kita dengan adab, dan janganlah mengucapkan ’’Uh..’’ kepada mereka, jangan hardik mereka, berucaplah kepada mereka dengan ucapan yang mulia.

2. Selalu taati mereka berdua di dalam perkara selain maksiat, dan tidak ada ketaatan kepada makhluk di dalam bermaksiat kepada Sang Khalik.

3. Lemah- lembutlah kepada mereka, janganlah bermuka masam serta memandang mereka dengan pandangan yang sinis.

4. Jagalah nama baik, kemuliaan, serta harta mereka. Janganlah mengambil sesuatu tanpa seizin mereka.

5. Kerjakanlah perkara-perkara yang dapat meringankan beban mereka meskipun tanpa perintah. Seperti melayani mereka, belanja ke warung, dan pekerjaan rumah lainnya, serta bersungguh - sungguhlah dalam menuntut ilmu.

6. Bermusyawarahlah dengan mereka berdua dalam seluruh kegiatan kita. Dan berikanlah alasan jika kita terpaksa menyelisihi pendapat mereka.

7. Penuhi panggilan mereka dengan segera dan disertai wajah yang berseri dan menjawab, ’’Ya ibu, ya ayah.’’

8. Muliakan teman serta kerabat mereka ketika kedua orang tua kita masih hidup, begitu pula setelah mereka telah wafat.

9. Janganlah engkau bantah dan engkau salahkan mereka berdua. Santun dan beradablah ketika menjelaskan yang benar kepada mereka.

10. Janganlah berbuat kasar kepada mereka berdua, jangan pula kita angkat suara kita kepada mereka. Diamlah ketika mereka sedang berbicara, beradablah ketika bersama mereka.

11. Bantulah ibu di rumah. Dan jangan pula kita menunda membantu pekerjaan ibumu.

12. Janganlah kita pergi jika mereka berdua tidak mengizinkan, meskipun itu untuk perkara yang penting. Apabila kondisinya darurat, maka berikanlah alasan ini kepada mereka, dan janganlah putus komunikasi dengan mereka.
13. Jangan makan dulu sebelum mereka makan, muliakanlah mereka dalam (menyajikan) makanan dan minuman.

14. Janganlah kita berdusta kepada mereka, dan jangan mencela mereka jika mereka mengerjakan perbuatan yang tidak engkau sukai.

15. Jangan kita utamakan istri dan anak kita di atas mereka. Mintalah keridhaan mereka berdua sebelum melakukan sesuatu, karena ridha Allah tergantung ridha orang tua. Begitu juga kemurkaan Allah tergantung kemurkaan mereka berdua.

16. Jangan kita duduk di tempat yang lebih tinggi dari mereka. Jangan kita julurkan kaki kita di hadapan mereka karena sombong.
17. Jangan kita menyombongkan kedudukan kita di hadapan mereka, meskipun kita seorang pejabat besar. Hati-hati, jangan sampai kita mengingkari kebaikan-kebaikan mereka berdua atau menyakiti mereka walaupun dengan hanya satu kalimat.

18. Jangan pelit dalam memberikan nafkah kepada kedua orang tua sampai mereka mengeluh.

19. Banyaklah berkunjung kepada kedua orang tua, dan persembahkan hadiah bagi mereka.

20. Jika kita meminta sesuatu kepada mereka, mintalah dengan lembut dan berterima kasihlah jika mereka memberikannya. Dan maafkanlah mereka jika mereka tidak memberimu. Janganlah banyak meminta kepada mereka, karena hal itu akan memberatkan mereka berdua.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan yang insya Allah bisa membahagiakan kedua orang tua kita. Wallahu a’lam bisshawwab. (A15-15)SUARA MERDEKA-SEMARANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar