Selasa, 12 Januari 2010

KABAR KOTA BUMIAYU : MASALAH KTP



SUARA MERDEKA - 11 Januari 2010


KTP Tembak Rp 23.000


BUMIAYU- KTP ”tembakan” tak hanya terjadi di kota besar. Cara pengurusan KTP dengan proses cepat (langsung jadi) itu juga ditemukan di Kantor Kecamatan Bumiayu, Brebes.

Saefudin (40), seorang warga Desa Kalierang adalah salah satu dari pemohon KTP yang memanfaatkan cara tersebut kendati biaya yang harus dikeluarkan sedikit lebih mahal dari yang sudah ditentukan dalam perda. ”Tak mengapa, yang penting KTP cepat jadi,” tutur Saefudin yang mengaku untuk keperluan tersebut mengeluarkan biaya Rp 23.000. Menurut Saefudin, jika mengikuti kebiasaan maka KTP akan selesai dua atau tiga hari kemudian. ”Kalau nunggu dua atau tiga hari biayanya Rp 12.000. Tapi memang saya minta langsung jadi kepada petugasnya,” kata dia.

Hal senada dikemukakan oleh Kholifah (18) dan Alkomah (18). Kedua warga Desa Kalilangkap itu, sengaja meminta pembuatan KTP langsung jadi meskipun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. ”Ketimbang bolak-balik, lebih baik langsung jadi saja,” ujarnya.

Camat Bumiayu M Amrin Alfi Umar SIP MSi saat dikonfirmasi mengaku kaget.
”Saya belum tahu soal itu. Nanti saya cek dan bila benar petugasnya akan kami ingatkan,” katanya.

Menurut Camat, sebenarnya tidak pembedaan biaya dalam pengurusan KTP baik yang langsung jadi maupun tidak. Sesuai perda, biaya pembuatan KTP sebesar Rp 7.000, sedangkan pembuatan kartu keluarga (KK) Rp 5.000. Kesan lamban dalam proses pembuatan KTP lebih disebabkan karena banyaknya jumlah pemohon sementara jumlah petugas terbatas, sehingga harus menunggu dua atau tiga hari.

Faktor lainnya adalah aktivitas camat yang terkadang harus melakukan kedinasan di Kabupaten. ”Kalau saya ada di kantor bisa langsung ditandatangani, tapi kalau sedang dinas keluar terpaksa proses pembuatan KTP tertunda,” katanya. (H51-55)

1 komentar: