Senin, 18 Januari 2010

KABAR KALIERANG BUMIAYU : POHON TUMBANG, ALIRAN LISTRIK PADAM


Pohon Tumbang, Aliran Listrik PLN Padam


RADAR TEGAL - Monday, 18 January 2010


BUMIAYU - Dua pohon Sono keling berukuran besar yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Bumiayu, Senin (18/1) sekitar pukul 12.00 WIB tumbang dan menimpa jaringan listrik dan sebatang tiang telepon.

Tumbangnya pohon yang tumbuh di samping Kantor PDAM IKK Bumiayu mengakibatkan pelayanan PLN kepada pelanggan di sejumlah wilayah terganggu. Khamid (32), seorang saksi mata mengatakan, tumbangnya pohon diakibatkan angin kencang yang datang secara tiba-tiba.

’’Sebenarnya cuaca sangat cerah. Namun, angin tiba-tiba bertiup kencang hingga menumbangkan pohon itu," ungkapnya. Beruntung pohon yang tumbang tersebut jatuh di sebidang tanah kosong, sehingga tidak menimbulkan korban dari warga yang melintas di jalan tersebut. Petugas Bagian Teknik PLN UPJ Bumiayu yang mendapat laporan segera melakukan penanganan di lokasi tumbangnya pohon, untuk melakukan perbaikan jaringan yang putus.

’’Pohon yang tumbang menghantam kabel JTM I PASA dengan tegangan 10 kv. Kabel ini berfungsi sebagai suplai listrik untuk ratusan pelanggan. Di antaranya, pelanggan yang berada di Cilibur, Adisana, Plompong, Ancik, dan Gunung Sumping," jelas Tri, petugas Bagian Teknik PLN UPJ Bumiayu.

Dikatakan Tri, pihaknya segera melakukan perbaikan dengan melakukan sambungan terhadap kabel yang putus. Proses perbaikannya, lanjut Tri, tidak akan memakan waktu lama. Karena pohon yang tumbang tidak sampai merusak tiang utama.

’’Perbaikan sedikitnya membutuhkan waktu sekitar satu jam," tandasnya. Sementara, Eli Supriyadi, supervisi Telkom wilayah Bumiayu mengatakan, pohon tumbang menimpa kabel pelanggan dan kabel Fiber Optik (FO), sama dengan kondisi yang terjadi pada kabel PLN perbaikan terhadap jaringan Telkom juga tidak akan membutuhkan waktu lama.

’’Dahan pohon memutuskan kabel pelanggan. Tapi kita akan cek kondisi kabel FO. Jika serat yang ada di dalam kabel FO tidak sampai putus, maka perbaikan dapat dilakukan secepatnya," jelas Eli. Sementara, Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kuspramono SE mengatakan, pihaknya akan melakukan pendekatan. Baik kepada pihak PLN, Telkom, maupun masyarakat untuk memangkas pohon di jalur lintasan kabel.

’’Hal tersebut perlu dilakukan seiring dengan tingginya hembusan angin yang saat ini sering terjadi, pemangkasan pohon dilakukan baik kepada pohon yang barada di bawah pengawasan Sub Dinas Kebersihan dan Pertamanan (KP) Kabupaten Brebes maupun milik warga," jelas Kuspramono.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya peristiwa pohon tumbang, seiring dengan sering terjadinya angin kencang. ’’Kami sangat mewaspadai pohon-pohon berusia tua yang sangat mungkin tumbang saat kondisi cuaca hujan deras disertai angin kencang. Selain rutin melakukan perawatan, kami juga terus mengintensifkan kegiatan pemangkasan atau toping terhadap pohon-pohon besar tersebut," jelas Kuspramono. (pri)

1 komentar:

  1. saya mau menci saudara saya yang pernah sekolah dan kuliah di jogja 1 mas edy suprapto, kalierang pesantren .mas Kahedoni, Kalierang, Putra Bp H Bisri Alm
    tolong di informasikan di alamat email saya, wes_ewes@yahoo.com

    BalasHapus