Minggu, 31 Januari 2010

POHON TUMBANG, BUMIAYU - SALEM MACET


JALAN PASAR HEWAN MUNGGANG- KALIERANG BUMIAYU

Lintas Pantura
SUARA MERDEKA -31 Januari 2010

Pohon Tumbang, Bumiayu-Salem Macet

* Warga Diminta Ekstra Waspada

BUMIAYU- Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kecamatan Bumiayu, Brebes mengakibatkan pohon tumbang dan melintang di jalan provinsi ruas Bumiayu-Salem, tepatnya di kawasan Pasar Hewan Bumiayu, Sabtu (30/1) sekitar pukul 13.50.

Tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian itu, lalu lintas dari dua arah macet total selama lebih kurang satu jam.

Dari arah Bumiayu, antrean kendaraan memanjang hampir satu kilometer. Demikian pula dari arah sebaliknya. Kemacetan diperparah oleh sikap pengguna jalan yang saling serobot.

Haris (37), warga setempat mengatakan, pohon itu tumbang beberapa menit setelah hujan di sertai angin datang. “Saat angin kencang datang, pohon johar di pinggir jalan langsung tumbang. Beruntung saat kejadian tidak ada pengguna jalan yang melintas,” tuturnya.

Kejadian itu langsung dilaporkan ke Poslantas Bumiayu. Sejumlah aparat kepolisian lalu lintas yang turun langsung mengurai kemacetan. Mereka meminta sopir kendaraan tidak saling serobot. Setelah hampir satu jam, pohon yang melintang di jalan baru bisa disingkirkan.

Kapolres Brebes AKBP Beno Louhenapessy SIK MH melalui Kaposlantas Bumiayu Aiptu Sisri meminta warga pengguna jalan meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan ini.

Kali Kedua

Imbauan senada juga di sampaikan oleh Dinas PU dan Tata Ruang UPTD Wilayah Bumiayu. Kepala Dinas PU dan Tata Ruang UPTD Wilayah Bumiayu Kuspramono mengatakan, peristiwa pohon tumbang tersebut merupakan yang kali kedua. Sebelumnya, dua pohon pelindung jenis sonokeling di ruas kota Jl KH Akhmad Dahlan tumbang dan merusak jaringan listrik dan telepon.

Dikatakan, pohon rawan tumbang rata-rata usianya di atas 30 tahun. Pohon tersebut tersebar di sejumlah ruas Kabupaten Brebes bagian selatan.

Saat ini pihaknya mengaku tengah mengecek kondisi pohon pelindung jalan antara lain di sepanjang ruas Paguyangan-Pakujati, ruas Jl KH Ahmad Dahlan.
“Jika pohon sudah terlihat keropos, maka langsung dilakukan pemotongan pada dahan maupun batangnya,” katanya.

Hujan lebat kemarin tidak hanya mengakibatkan pohon tumbang. Jalan protokol Bumiayu juga tergenang air di sejumlah titik, antara lain di kawasan Kantor Pegadaian Bumiayu, Pasar Induk, Simpang Tiga Pasar Hewan dan kawasan Pasar Jatisawit.(H51-17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar