Senin, 08 Juni 2009

DI BUMIAYU BREBES JATENG PERLU DIBANGUN BALAI BENIH IKAN



Suara Merdeka - Lintas Pantura
09 Juni 2009
Balai Benih Ikan Perlu Dibangun

BUMIAYU- Di akhir masa jabatannya sebagai anggota DPRD Brebes, Imam Santoso tetap lantang menyuarakan aspirasi warga masyarakat. Salah satunya adalah pembangunan balai benih ikan (BBI) yang selama ini diidam-idamkan petani ikan air tawar di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan. ”Sudah lama petani ikan mendambakan keberadaan BBI di wilayah selatan Brebes. Keinginan tersebut selalu disampaikan setiap kali kami melakukan kunjungan kerja,” ujar Imam.


Politikus PDIP tersebut mengungkapkan, wilayah selatan memiliki potensi besar sebagai daerah penghasil dan pembudidaya ikan air tawar.

Sayangnya, pertumbuhan budidaya ikan air tawar kurang maksimal akibat beberapa faktor. Antara lain ketersediaan bibit berkualitas dan harga pakan. Untuk memenuhi kebutuhan bibit, petani hanya memiliki satu pilihan yakni di Pasar Hewan Bumiayu dengan harga yang lebih mahal dan kualitas yang kurang baik.


Menurut Imam, balai benih ikan merupakan salah satu institusi penting dalam mendukung pengembangan produksi ikan karena dari keberadaan BBI lahir benih ikan bermutu. ”Oleh karena itu jika Pemkab serius ingin mengembangkan potensi budidaya ikan air tawar, maka pembangunan balai benih ikan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegas Imam.


Anggota komisi B DPRD Brebes mengatakan, BBI sangat mungkin dibangun di wilayah Wanatirta Kecamatan Paguyangan. ”Pasokan air melimpah. Jumlah petani ikan air tawar juga cukup banyak,” katanya.


Keberadaan BBI menurutnya akan sangat menunjang pengembangan budidaya ikan air tawar. Pembudidaya ikan air tawar tak perlu repot lagi menunggu hari pasaran Wage atau mendatangkan benih ikan dari luar daerah. ”Setiap saat masyarakat (petani) bisa mendapatkan benih ikan berkualitas,” katanya.


Imam menambahkan, keberadaan BBI juga akan menambah minat masyarakat untuk menggeluti sektor budidaya ikan air tawar. Menurutnya, prospek budidaya ikan sangat cerah karena kebutuhan gizi ikan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. (H51-47)


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar