Senin, 15 Juni 2009

KABAR DARI SALEM : PENANGANAN BENCANA ALAM


Pemprov Prioritaskan Penanganan Bencana Alam
Ditulis oleh Administrator
Radar Tegal - Monday, 15 June 2009

SALEM - Wakil Gubernur Jawa Tengah Dra Hj Rustriningsih MSi, Senin (15/6) meninjau langsung lokasi aliran sungai Cigunung di Desa Ciputih Kecamatan Salem

yang mengancam keberadaan pemukiman warga serta lahan pertanian. Turut mendampingi peninjauan, Bupati Brebes H Indra Kusuma SSos, Asisten I Sekda Drs HM Supriyono, Wakapolres Brebes Kompol H Sugeng Tiyarto SH MSi beserta jajaran Muspida Brebes dan Muspika Kecamatan Salem.

Dari data yang disampaikan Slamet Becho, Kades Ciputih, sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Dukuh Ciputih I Desa Ciputih saat ini diliputi kecemasan akibat semakin terkikisnya tebing sungai. Selain itu sekitar 20 hektar lahan pertanian telah hilang hingga memasuki pertengahan bulan Juni ini. "Sejak 6 tahun lalu lahan pertanian yang ada di pinggir sungai telah habis terkikis arus, dalam perkembanganannya arus sungai juga mengancam keberadaan pemukiman penduduk yang berada di Dukuh Kertayasa, Blok Sonday dan Desa Bentarsari," kata Becho.

Untuk itu, menurut dia pihaknya berharap diadakan pembangunan talud pengaman sepanjang lebih kurang 500 meter yang berad di tiga lokasi tersebut. Menyikapi kondisi tersebut, Wakil Gubenur menyatakan Pemprov Jateng akan memprioritaskan pembangunan maupun perbaikan fasilitas sebagai upaya penanganan penanggulangan bencana alam.

"Kita akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder maupun SKPD untuk menentukan langkah-langkah strategis didalam penanganannya nanti. Pemprov saat ini juga tengah berupaya untuk melakukan penanganan maupun penanggulangan bencana alam yang terjadi di daerah lain. Untuk Kabupaten Brebes sendiri Bupati telah menyampaikan laporannya dan akan segera kami tindak lanjuti," jelas Wagub.

Selain mengunjungi lokasi aliran sungai Cigunung, Wagub juga berkesempatan mengikuti kegiatan Milad ke tiga dan Khotbah Wa'da sekaligus pelepasan angkatan pertama siswa SMP Maarif 06 Ciputih yang juga dihadiri Dekan STAI Al Ihya Kuningan Drs A Fenny Rahman MPd selaku pembicara.

Dalam kegiatan pelepasan sekaligus wisuda tersebut, Wagub berpesan kepada seluruh siswa maupun orang tua agar memprioritaskan masalah pendidikan bagi anak-anaknya. "Pemerintah sendiri saat ini berupaya mengeluarkan kebijakan yang mampu meringankan beban masyarakat dalammasalah pendidikan. Untuk itu juga diperlukan kerja sama yang berkesinambungan antara masyarakat dan penyelenggara pemerintahan daerah untuk mendukung tercapainya hasil pendidikan yang baik," kata Hj Rustriningsih. (pri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar