Rabu, 10 Juni 2009

FUNGSIKAN KEMBALI JALUR BANTARKAWUNG - BREBES


Fungsikan Kembali Jalur Tengah
Ditulis oleh Administrator Radar Tegal
Radar Tegal Wednesday, 10 June 2009
BANTARKAWUNG - Jalur tengah yang menghubungkan antara Kecamatan Bantarkawung-Brebes perlu dihidupkan. Tujuannya adalah untuk mendorong pemerataan ekonomi di daerah. Saat ini jalur sepanjang 12 kilometer tersebut kondisinya rusak di berbagai titik. Terparah terjadi di wilayah Sindangwangi dan Jemasih.
Wakil Ketua Komisi C Sudono mengatakan, terdapat tiga jalur utama di Brebes yang menghubungkan antara wilayah utara dengan selatan. Dua jalur diantaranya telah berfungsi normal, yakni jalur barat meliputi Salem-Ketanggungan-Brebes dan jalur timur meliputi Bumiayu-Prupuk-Songgom-Brebes. Sementara jalur tengah antara Bantarkawung-Ketanggungan belum berfungsi normal.

"Kerusakan di wilayah Sindangwangi dan kerusakan yang menimpa jembatan Jemasih perlu mendapatkan penanganan prioritas sehingga jalur tengah yang menghubungkan Bantarkawung-Ketanggungan bisa hidup," kata Sudono.

Sudono optimis, optimalisasi jalur tengah akan menghidupkan kegiatan ekonomi di daerah-daerah terpencil. "Banyak hasil bumi yang kurang terdistribusikan dengan baik karena kendala sarana transportasi," ujar dia.

Disamping itu, lanjut Sudono, keberadaan jalan Bantarkawung-Ketanggungan akan memperpendek jarak tempuh antara Bantarkawung dan Brebes. "Selama ini ketika orang Bantarkawung menuju Brebes harus ke Bumiayu dahulu sehingga jarak tempuh menjadi lebih panjang. Lain halnya jika jalur tengah tersebut dihidupkan," kata dia.

Selain itu, pelayanan publik juga semakin dekat. Jika jalur tersebut dibuka, akses masyarakat khususnya wilayah Kecamatan Bantarkawung menuju kota kabupaten akan lebih cepat. "Selama ini kendala transportasi merupakan faktor utama yang dikeluhkan banyak warga yang akan berhubungan ke Pemkab Brebes," pungkasnya. (pri)
Komentar

3 komentar:

  1. Salam Mas...
    Sy asal bantarkawung, sy juga lg bikin site tentang bantarkawung namun msh krng info'na.. ayo lanjutkan kang beritanya,, kang blogna berat kbnyakan poto nieh... he,,,he sok tau ah sy.

    BalasHapus
  2. salam kembali...
    trims komentarnya.. saya buat blog iseng2 saja buat isi waktu pensiunan pns deplu/diplomat.. belajar it otodidak maklum lah lah ..ama anak yg dulu kerja dimicrosoft skrng buka sendiri

    majukan terus info2 tentang bantarkawung..
    adik isteri bambang gunawan sekarang jadi kepala sma negeri bantarkawung juga...
    mbah buyut saya ki candra asal tambakserang...
    kadang saya di jakarta dg anak2 yg kerja di it n sekolah.. kadang di bumiayu ada usaha kecil2 depan sma muhamadiyah, kadang di brebes ama anak yg tugas di rsud brebes sbg dokter gigi..

    BalasHapus
  3. Hallo salm bloger...nih wong bantarkawung mau nongol...semoga kompak....lam jumpa

    BalasHapus