Minggu, 14 Juni 2009

PERLU DUKUNGAN MODAL BAGI UKM DI KRETEK PAGUYANGAN BREBES



Dukungan Modal bagi UKM
Ditulis oleh Administrator - RADAR TEGAL
RADAR TEGAL Sunday, 14 June 2009

PARA perajin kayu dan meubel di Desa Kretek Kecamatan Paguyangan hingga saat ini masih terkendala persoalan modal dan pemasaran. Hal ini diakui sangat mengganggu kelangsungan hidup para perajin yang sebagian besar berskala rumah tangga tersebut. Kades Kretek Dasori mengakui kondisi kesulitan permodalan yang dialami oleh sedikitnya 6 perajin meubeler di wilayah Desa Kretek. Dikatakan, para perajin saat ini sangat membutuhkan pinjaman modal lunak dari pemerintah untuk mempertahankan usaha.
"Sempat beberapakali para perajin menemui saya untuk meminta pendapat mengenai sulitnya mendapatkan modal. Sebagai kepala desa, setiap kali mendapatkan program pemerintah, kami senantiasa mengajukan batuan modal bagi penghusaha kecil tersebut," jelasnya.

Akibat minimnya modal, lanjut Dasori, saat ini para peajin tidak lagi mampu memproduksi mebel yang terbuat dari kayu jati yang semula jadi andalannya. Sebab, modal untuk membuat kerajinan berbahan baku kayu jati tidak cukup dan hanya bisa memproduksi meubel berbahan baku non jati.

"Kayu jati sekarang harganya sangat mahal. Sekarang mereka hanya mampu membuat mebel dari kayu Pronis dan albasia," ungkapnya. Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah dapat membantu keberlangsungan usaha kecil kerakyatan di desanya yang pernah dikenal sebagai daerah sentra pembuatan mebeler. (pri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar